Pasti Hamil memberikan solusi dan tips cara agar cepat hamil bagi pasangan suami istri yang belum atau kesulitan mendapatkan anak terbaru 2017

2017-01-06

Tips Menjaga Kehamilan dari Keguguran

Tips Menjaga Kehamilan dari Keguguran - Tips Lengkap dan Terbaru 2017, Mendapatkan titipan anak dari Allah SWT memang adalah momen-momen yang sangat kita nantikan dan kita dambakan. Kita bakal serasa melayan di udara jika memiliki anak di kandungan, suami pun juga tambah sayang sama kamu. Namun, sering kali tentunya kita merasa sangat khawatir dengan kesehatan janin kita di dalam perut. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan janin kita agar nantinya tidak sampai keguguran? Berikut tipsnya.

1. Menjaga Pola Makan
Pertama adalah memperhatikan makanan yang kamu makan. Ini tentu adalah hal yang sangat penting sekali bagi kesehatan janin kamu agar tidak sampai keguguran. Mengapa kita perlu memperhatikan pola makan kita? Karena tentu di usia yang sangat kecil, janin benar-benar butuh untuk asupan nutrisi yang tepat, dan juga kondisinya masih sangat lemah sekali.

Maka dari itu kamu perlu rutin untuk mengkonsumsi makanan atau berbagai makanan yang mengandung vitamin. Apa saja? Banyak kok, ada buah-buahan, sayur-sayuran dan berbagai macam macam buah atau sayur atau makanan yang lainnya. Oiya, tentu mengkonsumsi air putih juga perlu loh biar tidak dehidrasi nanti.

2. Jangan Sekali-Kali Merokok dan Juga Mengkonsumsi Obat-Obatan
Tentu merokok juga adalah hal yang sangat tidak di anjurkan bahkan sangat tidak untuk dilakukan. Mengingat rokok juga memiliki bahaya yang sangat banyak sekali, salah satunya adalah membuat janin kita mengalami keguguran.

Juga tentunya merokok dapat membuat kerusakan pada janin kita. Selain merokok, obatobatan atau ketergantungan pada obat-obatan juga sangat tidak dianjurkan untuk para ibu hamil. Bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatant ersebutlah penyebabnya, akrena akan berdampak negatif bagi kesehatan.

3. Jangan Lupa Untuk Rutin Beristirahat dan Menjaga Kehamilan
Selain tips yang pertama, tips yang ketiga ini juga sangat diperlukan untuk para ibu ibu muda yang sedang hamil. Menjaga kesehatan bayi atau janin dengna rutin instirahat juga merupakan hal yang utama. Jangan lupa untuk selalu membaca ayat-ayat kursi agar hati kamu tenang dan juga jiwa kamu tenang.


4. Hindari aktifitas berat
Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mudah lelah dan bahkan kadang pingsan karena darah rendah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak memaksakan diri melakukan tugas berat. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan salah, terlalu lama berdiam diri akan membuat badan lebih mudah lemas dan tidak nyaman. Bila perlu, lakukan semua aktifitas secara terjadwal. Jika anda wanita karir, tips menjaga kehamilan usia muda adalah saat di trimester pertama. Pada tahap tersebut, tubuh perlu penyesuaian karena tidak hanya fisik dan psikologis yang berubah, tapi juga faktor hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kinerja anda. Sangat penting bagi anda untuk menghindari steress sehingga hormon tidak memicu konstraksi rahim yang akan meningkatkan resiko keguguran.

5. Kendalikan emosi

Saat hamil, ada banyak ujian karena saat masa-masa hamil, wanita lebih mudah terbawa emosi. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormone yang tentunya akan mempengaruhi tingkat stress anda yang dapat membahayakan janin. Demi si jabang bayi, mengelola emosi dan mengendalikannya akan sangat bermanfaat misalnya dengan lebih mendekatkan diri ke Tuhan, bermeditasi dan bercengkrama dengan suami sebagai tips menjaga kehamilan usia muda. Lakukan semua hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga mampu menstabilkan emosi. Perlu diwaspadai bahwa mengelola emsi sangat penting terutama bagi calon ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu rileks. 

6. Jaga nutrisi

Tips menjaga kehamilan usia muda selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi. Hamil muda seringkali dilengkapi dengan rasa mual sampai selera makan yang hilang. Meskipun normal, dalam keadaan tersebut tetap harus dipaksa agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangannya. Saat janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, resiko keguguran pun meningkat.

7. Hindari kebiasaan buruk
Ada beberapa kebiasaan yang cukup buruk dan harus dihilangkan saat hamil. Misalnya dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan, menghindari kafein dan juga alkohol yang tentunya membahayakan kehamilan anda karena akan menghambat pertumbuhan bayi.

8. Konsultasikan kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan
Cara menjaga kehamilan muda adalah dengan berkonsultasi secara rutin pada bidan atau dokter kandungan. Bawa selalu buku laporan yang berwarna pink untuk mencatat riwayat kehamilan anda.

9. Kurangi frekuensi hubungan seksual
Terakhir, berhubungan seksual adalah hal yang normal untuk suami dan isteri. Jika sebelumnya hubungan seksual dapat terjadi dalam frekuensi yang cukup tinggi, sangat direkomendasikan saat hamil di periode awal untuk mengurangi frekuensi berhubungan intim.

10. Hindari Stress

11. Peran Suami dan Keluarga
Untuk menghindari stress yang berkelanjutan selama masa kehamilan, sudah sepantasnya keluarga terutama seorang suami untuk memberikan support dan perhatiannya kepada istri.

*Diolah dari berbagai sumber.

Demikianlah artikel yang berjudul 11 Tips Menjaga Kehamilan Agar Tidak Keguguran Terbaru 2017. Semoga saja bermanfaat untuk ibu-ibu yang sedang hamil.

Tips Menjaga Kehamilan dari Keguguran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Azwar S.